Tuesday, September 18, 2012

Tugas Manajer Personalia


Tugas Manajer Personalia

Menurut Prof. Edwin B. Filippo, manajemen personalia adalah “perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perorangan, organisasi, dan masyarakat

Manager personalia bertanggung jawab langsung kepada owner. Dalam melaksanakantugasnya manajer personalia membawahi kepala bagian administrasi dan staf  umum. Tugas manajer  personalia adalah:
a)    Merencanakan perekrutan karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen. 
b)    Mengatur kegiatan yang berhubungan dengan karyawan dan menciptakan suasana kerja yangnyaman dan berdisiplin.
c)    Menampung dan mencari keluhan karyawan.
d)    Mengatur dan merencanakan training untuk peningkatan ketrampilan karyawan.
e)    Bertanggungjawab terhadap disiplin kerja karyawan.
Pada umumnya yang dilaksanakan dalam suatu perusahaan mengenai tugas-tugas personalia ada tiga yaitu:
1. Procuring – memperoleh tenaga kerja
- membuat anggaran tenaga kerja
- menarik tenaga kerja
- membuat job analysis, job description, dan job specification
- menetapkan dan menghubungi sumber-sumber tenaga kerja
- mengadakan seleksi terhadap calon tenaga kerja
2. Developing – memajukan atau mengembangkan tenaga kerja
- melatih dan mendidik tenaga kerja
- mempromiosikan dan memindahkan tenaga kerja
- mengadakan penilaian kecakapan tenaga kerja
3. Mantaining – memanfaatkan tenaga kerja
- memberhentikan tenaga kerja
- memensiunkan tenaga kerja
- memberi kompensasi
- mengurus kesejagteraan pegawai termasuk pembayaran upah, perumahan, rekreasi, pengobatan dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment